7 Gerakan Yoga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Kantor

gerakan yoga sederhana
gerakan yoga sederhana
gerakan yoga sederhana

Menurut agen bola online dunia kalian nggak sendirian kok. Saat ini rutinitas di kantor nggak banyakkegiatan fisiknya: berangkat kantor naik ojek online dijemput di depan rumah, mengarah ke ruangan kantor naik lift, hingga meja kerja bermukim duduk dan mengetik, bahkan mau santap siang juga pesan makanan gunakan jasa delivery. Pulang kantor telah malam dan lelah kemudian nggak sempatguna olahraga.

Duduk terlampau lama dapat membuat leher, pinggang, punggung, dan pun bahu terasa gampang pegal. Kurang olahraga pun menyebabkan gampang lelah dan daya tahan tubuh menurun. Lalu bagaimana ya solusinya?

Ada kok gerakan-gerakan yoga yang dapat dilakukan seraya duduk di kantor. Bahkan, nggak perlu waktu yang lama dan dapat dilakukan di sela-sela istirahat santap siang. Mau tahu apa aja?

1. Gumukhasana sederhana dapat dilakukan seraya duduk agar punggung dan bahu nggak kaku
Secara sederhana, siku tangan kanan ditunjukkan ke atas dan tangan kiriberjuang meraih tangan kanan dari belakang punggung. Bahu mesti dalamsituasi terbuka ya. Lakukan gerakan sejumlah tiga hingga lima nafaskemudian pindah dengan tangan satunya. Kalau tangan susah saling bertemu, dapat kok pakai pertolongan handuk.

2. Gerakan tangan Garudasana dapat dilakukan seraya duduk lho
Sebenarnya, gerakan Garudasana pun dibarengi dengan kaki yang saling menyilang, tetapi gerakan tangannya telah cukup berfungsi kok. Mempraktekkan gerakan ini sekitar tiga hingga lima nafas dapat meregangkan otot pundak, bisep, dan trisep. Jangan lupa kerjakan gerakan tangan kebalikannya ya supaya tangan kanan dan kiri merasakan gerakan yang seimbang.

3. Kalau terdapat yang punya masalah dengan usus dan pencernaan, gerakan Twisting Pose dapat dilakukan seraya duduk
Gerakan ini dibuka dari posisi duduk dengan badan tegak lantas tangan kanan ditaruh di belakang tulang ekor dan tangan kiri memegang lutut kanan sekitar tiga hingga lima nafas. Perhatikan pun bahwa unsur badan yang dipelintir bukan bahunya, tetapi dibuka dari pinggang. Lakukan pun ke arah kebalikannya ya.

4. Sering sakit pinggang nih? Coba gerakan serupa Backbend yang dapat meregangkan pinggang serta punggung supaya tidak gampang pegal
Gerakan ini serupa dengan gerakan backbend pada yoga. Intinya ialah mencondongkan badan ke depan dengan tangan tetap dibelakang dandilaksanakan dalam tiga hingga lima nafas. Bagi yang tidak jarang sakit pinggang dan punggung, gerakan ini dapat mengurangi rasa pegalnya lho.

5. Pada intinya, Janu Sirsasana ialah gerakan membungkuk serupamenghirup lutut dengan tangan meraih kaki
Waktu olahraga dulu, tentu sering deh menciptakan gerakan menghirup lutut. Nah, gerakan Janusirsana pun demikian tetapi salah satu kaki ditekuk ke dalam sekitar tiga hingga lima nafas. Yang sangat pentingialah punggung mesti lurus ya.

6. Kalau leher tidak jarang pegal sebab terlalu lama mengetik, makabutuh deh kerjakan peregangan leher ke arah kanan dan kiri
Caranya gampang kok, tinggal menempatkan tangan kanan ke telinga kirimelalui bagian atas kepala dan tidak mempedulikan kepala menoleh ke kanan. Seperti gerakan lain, gerakan ini juga dilaksanakan sebanyak tigahingga lima nafas serta bergantian antara kanan dan kiri.

7. Terakhir, kerjakan peregangan leher ke atas dan ke bawah sekitar tigahingga lima nafas
Pergangan leher ke atas dapat dilakukan dengan menangkupkan tangan di depan dada kemudian mendorong kepala keatas dengan ujung jari-jarisekitar tiga hingga lima nafas. Jika hendak melakukan peregangan kepala ke bawah, letakkan kedua tangan di atas kepala guna mendorong kepala ke bawah.

Nggak sampai separuh jam, tujuh gerakan itu dapat dilakukan di selasantap siang atau sehabis bekerja seharian. Kebanyakan orang bekerja kantoran bermasalah dengan sakit badan dampak posisi duduk dan mengetik terus menerus lho. Gerakan tersebut dapat jadi solusinya.

6 Hal Dalam Hidup yang Sering Bikin Orang Besar Kepala

orang besar kepala
orang besar kepala
orang besar kepala

Menurut agen bola online uang asli manusia memang nggak terdapat puasnya. Sudah mempunyai yang diingini, ngotot hendak punya yang lainnya lagi. Sudah dapat meraih sesuatu,hendak tambah lagi prestasi baru. Sisi baiknya dari kepuasan yang takterdapat batasnya ini ialah bisa dijadikan modal untuk membangunkan semangat dan motivasi. Namun sisi buruknya, bila tak disikapi dengan benar, anda malah bakal menjadi seseorang yang tamak dan besar kepala. Bahkan dalam hal-hal yang simpel saja, kamu dapat merasa superior daripada yang lainnya.

Seperti hal-hal inilah ini yang tidak jarang kali menciptakan seseorang (termasuk kamu) melayang di awang-awang. Padahal kalaudisaksikan lagi, hal-hal itu adalahsesuatu yang biasa sekali terjadi. Hanya anda saja yang terlewat besar kepala dan merasa paling-paling sendiri.

1. Tak butuh besar kepala bila kamu dapat kuliah kemudian jadi sarjana. Toh sebenar-benarnya hidup baru dialami setelah anda melepas toga
Kalau anda terus menerus hendak membanggakan ekstra gelar di belakang namamu, boleh-boleh saja. Namun anda ingat, bila sarjana tersebut takmelulu kamu saja. Di luar sana terdapat puluhan ribu sarjana dan nyaris sebagian besar masih jatuh bangun dalam hidupnya. Kamu yang masih hangat bau toga, mestinya sih tak butuh sampai segitunya. Toh sebenar-benarnya hidup baru akan anda rasakan sesudah melepas toga. Yakin anda masihdapat besar kepala bila gelar sarjanamu ini tak kunjung mempertemkukanmu dengan kegiatan kesatu?

2. Memiliki satu kemahiran harusnya membuatmu haus ilmu lebih tidak sedikit lagi. Bukan justeru membuatmu jadi seseorang yang tinggi hati
Katakanlah anda jago menulis. Apapun yang anda tulis tidak jarang kali laku dan dapat terus menjaring semua pembaca baru. Buku-bukumu laku keras. Pun apapun yang anda tulis di media sosial tidak jarang kali banjir like dan komentar. Namun, bukannya menajamkan keahlianmu di bidang lain, kamu malah tenggelam dengan satu urusan ini saja.

Kamu tenggelam sebab terus merasa tinggi hati sebab udah dapat menjadi seorang pengarang ternama. Padahal satu kemahiran saja rasanya masih taklumayan untuk menopang hidup ini. Pun saat anda sudah menguasai satu hal, mestinya kian buatmu penasaran dengan hal-hal lain. Bukannyajusteru tinggi hati laksana ini.

3. Punya pacar dan telah tahunan menjalin hubungan, kemudian membuatmu merasa paling bercahaya di tengah mereka yang masih sendirian
Bagimu punya pacar ialah sebuah prestasi tersendiri. Apalagi kamu sukses mempertahankan hubunganmu hingga tahunan lamanya. Kamu jadi merasa jadi panutan dan tampak stunning salah satu mereka semua. Padahal punya pacar dan hubungan tahunan tersebut adalahhal yang biasa. Di samping kamu,barangkali ada ribuan pasangan yang juga sukses sampai ke sana. Rasanya tak perlulah hingga besar kepala melulu karena dua urusan ini. Toh masa mendatang nggak terdapat yang tahu. Hubungan tahunan dan pacar yanganda sombongkan ini belum pasti selamanya terdapat di tanganmu.

4. Memiliki rekan sepermainan yang katamu sangat solid sedunia. Tohbakal ada masanya mereka pergi satu per satu darimu
Tiap unggah potret jalan sama gengmu ini, anda sampai menciptakan tagar sendiri. Pun penjelasan di masing-masing fotonya anda tulis sebagai #BFF dan #TakkanTerganti. Hal ini anda lakukan sebab merasa pertemananmu ini sangat solid sedunia. Rasanya nggak terdapat yang dapat menandingi pertemanan kalian. Kalau anda terus laksana ini, barangkali suatuketika nanti anda akan kecewa sekali. Sebab bakal ada saatnya teman-temanmu tersebut akan pergi.

5. Bekerja kantoran dan gunakan pakaian formal sehari-hari. Kamu jadi merasa orang sangat sibuk dan mesti dihormati
Di masing-masing acara, anda seperti berhak guna datang terlambat dengan dalil sibuk, macet, dan segala sesuatu yang bersangkutan dengan pekerjaanmu. Kamu merasa teman-temanmu mestinya maklum. Sebab salah satu mereka kamulah yang mempunyai pekerjaan sangat mapan: kerja kantoran,gunakan seragam, dan sibuk meeting sana-sini. Padahal seharusnya semakin mapan pekerjaanmu, semakin anda harus melindungi teman-temanmu. Bukankian besar kepala dan tak waras hormat laksana ini.

6. Rasanya kurang arif jika anda jumawa sebab jumlah pengekor di sosial media. Bukankah tersebut tak berarti apa-apa bila dirimu kesepian di dunia nyata?
Tiap menyaksikan media sosial, anda senyum-senyum sendiri. Apalagi dengan ratusan ribu pengekor yang menghiasi halaman profilmu. Kamu merasa ada kehormatan hati tersendiri karena tidak sedikit orang yang selaluhendak tahu mengenai hidupmu di sana. Pun dengan banyaknya tawaran endorse yang buatmu kian hits saja. Bikin anda merasa jadi ‘artis’ dan memang pantas diistimewakan. Padahal semua tersebut tak berarti apa-apabila di kehidupan nyata kamu malah merasa sendiri.

Mulai dari gelar hingga jumlah pengekor di media sosial, tersebut semua tak seharusnya membuatmu besar kepala. Justru mestinya membuatmu lebih mawas lagi sebab setiap urusan itu mempunyai tanggungjawab dan risikonya sendiri. Pun bukanlah kita-kita ini melulu setitik urusan yang diberi nyawa? Tak punya hak guna besar kepala lagipula sampai tak memanusiakan sesama.

5 Alasan Kenapa Gempa Bumi Susah Banget atau Bahkan Mustahil Diprediksi

alasan gempa sulit diprediksi
alasan gempa sulit diprediksi
alasan gempa sulit diprediksi

Menurut agen bola online terbaik Indonesia baru aja pulang dilanda gempa bumi. Setelah gempa Lombok dan Palu-Donggala yang tidak sedikit memakan korban dan kerugian, kali ini giliran Situbondo, Jawa Timur. Gempa berkekuatan 6,4 SR diadukan mengguncang Situbondo hingga dapat dirasakan daerah-daerah di sekitarnya,laksana Banyuwangi, Madura, Surabaya, dan Malang, dan lain-lain. Meski katanya tidak berpotensi tsunami tapi sebab kita udah terlanjur trauma sama 2 gempa besar sebelumnya, kejadian tadi malam tetap menyisakan ketakutan tersendiri.

Seperti sebelum-sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengadukan adanya gempa Situbondo lewat akun Twitter yang resmi, sesaat sesudah gempa terjadi. Tapi yang lucu, ada di antara pemakaiTwitter yang keberatan sebab menurutnya BMKG mesti memberi peringatan jauh-jauh sebelum gempa terjadi, biar masyarakat dapat antisipasi. Iajuga terlibat polemik dengan pemakai beda yang menilai gempa bumi tidak dapat diprediksi dan diketahui dengan tentu tanggal dan jam berapa datangnya.

Pernyataan soal gempa yang sulit ditebak itu benar adanya. Sampai ketika ini juga ilmuwan dunia masih susah merumuskan cara yang dapat menebak kapan gempa akan datang. Kali ini telah dirangkum sederet dalil kenapa gempa bumi memang sulit atau nyaris mustahil guna diprediksi. Simak deh!

1. Gempa tersebut terjadi sebab ada semacam ‘dorongan’ dari dalam bumi, ratusan kilo meter jauhnya di bawah permukaan tanah. Sangat sulitmengetahui gimana pergerakan bebatuan jauh di dalam sana
Getaran-getaran yang bersumber dari bawah bumi tersebut sulit ditebak karena jaraknya yang paling jauh dari permukaan. Bahkan barangkali kekuatan yang mendorong pergerakan bebatuan tersebut jauhnya dapat sampai inti bumi. Dilansir dari Forbes, teknologi dan tenaga insan saat ini belum mencukupi buat mengerjakan penelitian hingga sejauh itu. Pengeboran zona sesar ialah operasi yang lumayan sulit dilakukan. Kalaupun bisa, butuh ongkos yang tidak murah.

2. Sebuah prediksi gempa yang valid akan memerlukan semacam sinyal yang menandakan gempa besar bakal datang. Tapi sampai ketika ini, ilmuwan belum dapat menemukan sinyal semacam itu
Balik lagi ke pusat gempa yang lazimnya berada jauh sekali di bawah permukaan. Untuk dapat menciptakan sinyal gempa, pasti harus ada tidak sedikit riset ke sana. Paling tidak, ada perangkat yang dipasang di bawah bumi bikin mendeteksi getaran-getaran tidak biasa. Padahal bikin sampai ke sana aja susah sekali. Selama ini semua ilmuwan telah seringmengupayakan menggunakan sekian banyak metode, laksana menghitungketidaktetapan emisi gas radon sampai meneliti perilaku aneh binatang. Gas radon ini diandalkan akan lepas dari rongga dan retakan ketika kerak bumi menegang menjelang gempa.

Sayangnya, metode-metode tersebut belum dapat memberikan hasil yang valid. Soalnya gas radon juga dapat dihasilkan dari tanah longsor, reaksi kimia dalam air tanah, dan bebatuan yang hancur. Tidak semata-mata hanya dari getaran kerak bumi aja.

3. Yang kini dapat dilakukan ilmuwan baru sampai etape memetakan daerah-daerah yang berpotensi gempa. Itu juga prediksinya dapat bertahun-tahun sebelumnya. Kalau suruh nebak tanggal dan masa-masa gempanya, tetap aja mustahil
Para ilmuwan memang dapat memprediksi wilayah-wilayah mana saja di bumi ini yang rentan ditemui gempa bumi, lewat mempelajari struktur distrik tersebut, jumlah sesar atau lempeng yang rentan ‘bergerak’, atau zona seismik aktif di sekitarnya. Prediksi ini dapat dilakukan bertahun-tahun sebelum kejadian. Tapi guna menilai kapan tepatnya gempa tersebut datang sampai berapa magnitudonya, rasanya tersebut masih tak dapat dilakukan. Setidaknya hingga hari ini.

4. Sebenarnya getaran-getaran tidak biasa sebelum gempa dapat tertangkap oleh radar detektor. Tapi tersebut terjadi tidak lama sebelum gempa, jadibisa jadi orang-orang tetap tidak punya waktu mengamankan diri
Peringatan yang mungkin dilaksanakan itu sangat cepat barangkali cumasejumlah menit (bahkan detik) sebelum gempa benar-benar terjadi. Soalnya getaran-getaran di bawah permukaan sebelum gempa ‘meledak’ sebetulnyadapat dideteksi. Tapi ya tersebut tadi, selisih waktunya antara getaran terdeteksi hingga gempa beneran terjadi tersebut tipis banget. Kemungkinan besar masyarakat tetap kehabisan waktu bikin melarikan diri.

5. Selama ini semua ahli, tergolong BMKG baru dapat mendeteksi adanya gempa susulan sesudah gempa kesatu terjadi. Kalau menebak gempa kesatunya, masih susah sekali dilakukan
Kebanyakan gempa destruktif tersebut muncul tanpa diduga-duga, tanpaterdapat tanda gempa kecil sebelumnya. Selama ini para berpengalaman kegempaan –kalau di Indonesia BMKG– baru dapat mendeteksi gempa susulan yang akan terjadi sesudah gempa kesatu. Jadi mesti gempa dulu barudapat dianalisis, apakah bakal ada gempa susulan, atau apakah gempanya berpotensi tsunami. Kalau guna merilis peringatan sejumlah waktu sebelum gempa kesatu melanda, rasanya masih paling sulit.

Belum adanya teknologi yang dapat mendeteksi gempa secara akurat bukan berarti menunjukkan bila para ilmuwan di luar sana hanya diam saja. Saat ini riset-riset soal kegempaan yang dikembangkan memang ingin fokus ke penemuan dan pemetaan sumber gempa. Selain tersebut mereka pun menganalisis ciri khas setiap gempa yang terjadi. Data-data tersebutpasti sangat bermanfaat sebagai mitigasi dan menjadi unsur dari upayameminimalisir risiko gempa bumi. Semoga suatu ketika nanti, terdapat cara, teknologi, maupun inovasi yang akhirnya bisa memperkirakan datangnya gempa bumi agar lebih tidak sedikit lagi nyawa insan yangbisa dilindungi.